56 Orang Pengawas TPS Se-Kecamatan Kota Atambua Mengikuti Bimtek

Tugas Pengawas TPS sesuai dengan apa telah diatur dalam Pasal 114 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, agar memastikan proses Pilkada berjalan dengan Jujur, Adil, dan langsung.

56 Orang Pengawas TPS Se-Kecamatan Kota Atambua Mengikuti Bimtek
Peserta Pengawas TPS Se-Kecamatan Kota Atambua Berpose Bersama Sebelum Menjalani Bimtek Dalam Rangka Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Belu, (16/11/2020), Foto : Marcelo Nabu
betabutu

Atambua, Sebanyak 56 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (Pengawas TPS) Se-kecamatan Kota Atambua, mengikuti pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020 yang akan digelar serentak pada tanggal 09 desember 2020 mendatang. Pengawas  TPS, terdiri dari Kelurahan Manumutin 24 orang, Kelurahan Tenukiik 8 orang, Kelurahan Atambua 6 orang dan Kelurahan Fatubenao 18 orang. Pada hari ini Senin, 16 November 2020 bertempat di Aula kelurahan Manumutin Jl. Nai Buti - Kuneru Kabupaten Belu. Acara pelantikan dan Bimtek pertama dihadiri oleh PPK kecamatan Kota, PPS Kelurahan, Team Panwascam, Tokoh Agama dan 56 Pengawas TPS.

Acara pelantikan ini, diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Pemilu dan pembacaan Pakta integritas. Dengan semangat yang membara dengan sengatan Panas, semua Pengawas  mengikuti pembacaan yang dibacakan Rovis Manesenulu, Peserta Pelantikan di depan Tamu yang hadir. Setelah selesai Pelantikan itu, dilakukan foto bersama dan dilanjutkan dengan Bimtek (Bimbingan Teknis) pertama.

Dalam wawancara melalui telpon Pengawas TPS, Tommy Hale mengatakan, "Setelah Pelantikan pengawas TPS Se-kecamatan Kota, harus dapat bekerja dengan Amanah yang diberikan serta jujur dan bertanggungjawab. Tidak mementingkan kepentingan Pribadi atau Golongan tertentu". Di tempat terpisah lewat wawancara melalui sambungan telpon, Yohanes Mananel selaku ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota, menuturkan, "Harapan kepada Mereka yang bertugas di TPS yang tersebar untuk bekerja dengan adil, penuh tanggungjawab dalam mengatasi persoalan disana. Dan terkait, pembacaan Pakta Integritas adalah Fungsi Netralitas dalam pengawasan ditiap titik TPS itu." Tugas Pengawas TPS sendiri telah diatur dalam Pasal 114 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. (CENA)